Pages

Monday, January 11, 2016

Dell Inspiron 14-5447 Win 8.1 External Hardisk problem

Dell Inspiron 14-5447 Win 8.1  External Hardisk problem
Dell Inspiron 14-5447 Win 8.1  External Hardisk problem

Laptop jenis Dell Inspiron 14-5447 dengan sistem operasi Windows 8.1 terkadang mengalami masalah gak bisa detect external hardisk. Ketika Hardisk dicolok ke port USB, tidak ada respon apa-apa, di windows explorer pun gak muncul. Tapi kalau colok Flashdisk, bisa, di windows explorer muncul dan kita bisa melakukan transaksi copy paste file.

Saya penasaran, apakah ini masalah hardware atau software. Kalau hardware, apakah colokan USB laptop Dell Inspiron ini bermasalah atau gimana. Dan kalau software, apakah windows 8.1 di laptop ini gak bisa detect External Hardisk (USB 3)

Saya coba cek di Device Manager, di control panel. ternyata semua port USB, baik USB 2 maupun USB 3, ada drivernya, tidak ada tanda seru kuning atau pesan kesalahan apapun.

Hemm... jadi penasaran, kalau di Linux bisa gak External Hardisknya? Kemudian saya coba boot laptop dengan Knoppix 7.4 Live CD. Kalau Laptop ini menjalankan OS Knoppix, external hardisknya bisa dibaca tulis.

Berarti masalahnya ada di Windows 8.1-nya nih.

Saya sudah browsing sana-sini, tapi belum berhasil menemukan solusinya. Akhirnya saya coba buka Disk Management di Control panel. Ternyata disana eksternal hardisk tersebut bisa kedetect, namun gak diassign drive letternya. Oh ini toh masalahnya.

Akhirnya saya assign drive letter secara manual dan voila, external hardisknya kedetect dan bisa dibaca tulis.


No comments:

Post a Comment